Masalah yang sering saya alami setiap usai menginstall wordpress adalah memilih theme apa yang paling cocok. Eh sebentar, tahu nggak apa i...

Theme Yang Terbaik Untuk Blog Wordpress

Theme Yang Terbaik Untuk Blog Wordpress

Theme Yang Terbaik Untuk Blog Wordpress

8 10 99
Masalah yang sering saya alami setiap usai menginstall wordpress adalah memilih theme apa yang paling cocok. Eh sebentar, tahu nggak apa itu theme? Jangan-jangan setelah cerita ke sana ke mari tentang theme ternyata anda masih belum tahu apa itu theme. :D 

Gampangnya apa yang anda lihat ketika melihat sebuah halaman web itulah theme atau template. Bisa juga disebut tampilan luar website atau blog.
Secara umum ada dua jenis theme: theme dengan loading cepat dan theme dengan loading lambat. Dan kalau ditanya mau theme dengan loading cepat atau theme dengan loading lambat?
Tentu saja saya lebih suka theme dengan loading cepat, semua orang juga begitu. Siapa sih yang suka membuka sebuah alamat di browser lalu harus menunggu lama untuk melihat tampilannya? Tidak ada bukan?

Antara Theme Fastload Tapi Sederhana Dan Theme Keren Tapi Slowload.

Masalahnya, theme dengan loading cepat (atau biasa disebut fastload theme) biasanya memiliki design yang sederhana dan penampilan ala kadarnya.

Logis kok. Theme dengan loading cepat (fastload) mengabaikan banyak image, slide dan koneksi database yang ruwet sehingga loadingnya cepat. Padahal untuk bisa tampil indah sebuah theme harus punya banyak image menarik dan biasanya berukuran besar. Atau memiliki slide dengan gambar yang tajam dengan resolusi tinggi, yang tentu saja membuat loading page menjadi lambat.

Jadi bagaimana? Mau theme yang indah dengan resiko slowload, atau theme yang fastload dengan resiko berpenampilan sederhana? Atau bisakah memilih dua-duanya? Theme yang indah sekaligus fastload? Yang terakhir ini tentu saja tidak ada. Ibarat beli mobil, pilih mobil yang bagus dengan nilai pajak tinggi atau mobil dengan nilai pajak yang rendah tapi berkualitas biasa?

Pilih salah satu. Bukan salah dua.:D


Akhirnya pilihan theme tergantung pada tujuan pembuatan web. Kalau tujuan pembuatan web adalah memang harus tampil ngejreng, theme-nya harus indah walaupun beresiko agak lemot loadingnya. Misalnya website untuk restoran, hotel, spa service, architecture design dan sebagainya.

Tetapi kalau tujuan pembuatan web untuk bisnis online atau yang populer disebut Internet Marketing, dan website itu diharapkan bisa mendatangkan income secara online — misalnya web toko online (online shop), market place, atau web yang menjual ebook dan tools secara online–maka theme yang simple dan fast load adalah pilihan yang tepat.

Coba pikirkan, mengapa website bisnis online perlu fastload? Karena website bisnis online diharapkan dikunjungi oleh sebanyak mungkin orang (bahasa kerennya memiliki nilai traffic tinggi) sehingga akan sering dibuka: baik dibuka oleh pengunjung baru maupun untuk member web untuk keperluan login. 

Belum lagi tentu akan banyak yang membuka web itu dari android. Sudah jamak diketahui pengguna android malas kelamaan menunggu.

Fasthink, Thesis dan Genesis Adalah Themes Paling Cepat

Pengalaman saya sendiri dulu ketika blog www.firzone.com masih menggunakan platform wordpress saya harapkan blog ini fastload. Maka saya mulai browsing dan saya temukan bahwa theme yang paling fastload sementara ini ada tiga: Fasthink, Thesis dan Genesis; dan ketiganya berbayar.

Seperti halnya anda, saya tidak suka membayar sesuatu yang masih bisa diperoleh secara gratis. Maka saya browsing lagi. Voila! Ketemu! Ada link download gratis masing-masing theme di atas. Tapi harap maklum, sesuatu yang berbayar kok bisa diambil secara gratis maka itu namanya bajakan.

Persis ketika mau saya menginstall theme itu, saya teringat nasehat Cak Lutvi Avandi agar berhati-hati dengan script bajakan, karena biasanya memuat back door yang akan menjadi jalan masuk para hacker. Saya berpikir sejenak dan saya batalkan saja deh memakai theme-theme bajakan itu.

Akhirnya saya putuskan kembali ke khittah untuk memakai theme yang fastload, aman, gratis dan sudah disediakan sendiri oleh WordPress, yaitu theme Twenty Sixteen.

Perkara keindahan saya percayakan pada kemampuan design saya yang sangat mumpuni (ciee..) untuk memoles theme ini sebagus mungkin.

Ada yang bilang, jangan meremehkan kesederhanaan. Anda tidak bisa menduga rahasia apa saja yang terkandung di dalamnya yang masih belum terungkap.

Demikianlah, maka theme Twenty Sixteen menjadi theme terbaik pilihan saya.

NB: Kalau anda tertarik dengan Cheope Shop Theme, silahkan download di sini .

0 comments: