Tulisan pertama tentang Theme Terbaik Untuk WordPress kemarin sebenarnya memuat masalah. Ketika saya edit, banyak sekali menu dashboar...

Bagaimana Mengatasi Dashboard WordPress Yang Disable

Bagaimana Mengatasi Dashboard WordPress Yang Disable

Bagaimana Mengatasi Dashboard WordPress Yang Disable

8 10 99
Tulisan pertama tentang Theme Terbaik Untuk WordPress kemarin sebenarnya memuat masalah. Ketika saya edit, banyak sekali menu dashboard yang disable. Maksudnya begini, saya nggak bisa menambah gambar, tidak bisa menambah kategori, tidak bisa mengedit post pake code editor (teks view)

Daftar error


1. Editor Teks
2. Tambahkan Media
3. Tambah Kategori


Dan masih banyak lagi.

Sangat merepotkan. Saya tidak bisa melakukan editing, tidak bisa menambahkan gambar, menambah kategori, menambah hiperlink, apalagi mengedit code HTML-nya.

Bagaimana solusinya? Apakah saya menginstall CMS WordPress yang error? Tidak mungkin kayaknya. Karena saya download langsung dari web www.wordpress.org dan hasilnya langsung saya upload.

Apakah saya menginstall theme yang memuat script rusak? Tidak juga. Karena sebagaimana saya terangkan pada tulisan sebelumnya tentang Theme Terbaik untuk WordPress, saya cukup selektif memilih theme. Jadi tidak mungkin theme itu error.

Apakah karena saya menginstall plugin yang keliru? Tidak mungkin juga. Saya tidak menginstall plugin apapun dan blog itu masih baru dan pluginnya masih standar bawaan default wordpress. Tidak ada plugin asing.

Lalu apa dong masalahnya? Apa mungkin WordPress error dari sononya? Kalau ini masalahnya saya harus nyerah deh. Tapi kalau dipikir-pikir mana mungkin script WP error diupload di dalam web resminya?

Apa harus install ulang CMS WordPress-nya? Amit-amit. Tidak perlu deh. Ribet amat. Tapi, eh sebentar. Install ulang WordPress? Menarik juga tuh.

Saya jadi ingat waktu installasi kemarin saya tidak menggunakan softaculous tapi langsung upload dari Cpanel. Apa itu berpengaruh? Bisa jadi.
Lalu saya login ke Cpanel dan saya cek File Manager.


Solusi

Oalaah.. ketahuan deh di mana masalahnya. Ternyata permissions-nya yang keliru.




Terlihat permissions-nya semua 0644. Ya jelas saja error wong Permission ini tidak mengizinkan user untuk execute. Maka segera saya ganti permissions itu menjadi 0755.



Klik “Change Permissions”.
Lalu saya refresh dashboard WordPress, dan alhamdulillah link dan menu disable sekarang sudah able seperti seharusnya.



Terlihat kan sekarang sudah bisa menambah kategori baru.
Maka masalah dashboard wordpress yang disable, sehingga link dan menu dashboard wordpress mati, sekarang sudah teratasi.
Kalau teman-teman mengalami masalah yang sama silakan coba cara saya di atas. Insya Allah work.

Firdaus Abadi

0 comments: