Langsung saja.  Ada dua cara yang biasanya saya untuk mendapatkan ide melimpah yang jadi bahan tulisan  blog. Pertama, tuliskan pengal...

Cara Cepat Mendapatkan Ide Melimpah Untuk Bahan Tulisan Blog

Cara Cepat Mendapatkan Ide Melimpah Untuk Bahan Tulisan Blog

Cara Cepat Mendapatkan Ide Melimpah Untuk Bahan Tulisan Blog

8 10 99
Langsung saja.  Ada dua cara yang biasanya saya untuk mendapatkan ide melimpah yang jadi bahan tulisan  blog.

Pertama, tuliskan pengalaman anda ketika browsing di internet

Sebagai pengguna internet, apa yang anda lakukan bila anda membutuhkan sebuah informasi? Mencarinya di search engine. Tepat sekali. Misalnya suatu hari anda mencari informasi tentang  cara menulis copywriting maka anda tulis di search engine "tips copywriting bahasa indonesia." Hehe tambahan bahasa Indonesia itu bagi saya masih perlu karena kemampuan bahasa Inggris saya masih jauuh dari bener.

Hasilnya tampak seperti gambar di bawah ini,


Yang muncul pada level satu ternyata adalah sebuah artikel dari www.blogodolar.com. (Dan yang kedua adalah artikel ini ketika masih saya tulis pada subdomain tepilangit :D) Buka saja link itu, lalu pelajari. Dan baca juga artikel-artikel yang lain yang ada pada level dua, level tiga dan seterusnya. Sehingga anda akan mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang copywriting.

Setelah itu praktekkan hingga mendapatkan hasil yang sesuai.

Maka hasil pengalaman anda mempraktekkan itu anda tulis sebagai artikel di blog anda. Hasilnya adalah sebuah artikel yang fresh, original dan powerfull karena ditulis dari pengalaman.


Kedua, tuliskan ulang berbagai tutorial yang ada di youtube


Tahu tidak, banyak sekali hal-hal menarik yang ada di youtube. Berbagai tutorial mulai dari cara memasak sampai cara berbisnis besi tua. Mulai cara berumah tangga sampai cara merampok bank. Hehehe.. Yang terakhir itu tidak perlu dipraktekkan ya!

Misalnya anda buka video tentang SEO di youtube. Anda download video itu, ketik ulang (proses ini biasanya disebut transkrip) persis seperti isi videonya, lalu editlah dengan bahasa anda sendiri dan.. done. Anda mendapatkan sebuah artikel yang memenuhi syarat untuk jadi bahan tulisan di Blog.

Apakah selesai sampai di situ? Belum dong. Untuk bisa jadi artikel yang layak dipublish di blog, tulisan anda harus memenuhi dua syarat:

1. User friendly
2. SEO friendly


User friendly artinya menggunakan bahasa yang mudah difahami oleh pembaca awam, sedangkan SEO friendly artinya tulisan anda memiliki komposisi dan struktur yang disukai search engine (dalam hal ini Google). Misalnya dengan mengatur title, heading, keyword density, jumlah kata minimal 350 kata, ada link keluar menuju beberapa web raksasa, dan ada link menuju artikel-artikel lain di blog anda sehingga pembaca yang menyukai tulisan anda itu akan membuka juga tulisan-tulisan lain yang anda cantumkan linknya.

Intinya, anda tidak mungkin kehabisan bahan tulisan untuk blog anda, karena semua sudah tersedia di internet gratis. Tinggal anda mau dan mampu tidak mengelolanya dengan bijaksana.

Nah sekian dulu tulisan tentang cara mendapatkan ide melimpah untuk bahan tulisan blog, selamat mencoba.

Firdaus Abadi 

0 comments: